Advice for New Medical Students

Buat adik2ku yang mau meneruskan pekerjaan mulia ibnu sina MySpace


http://boards.medscape.com/forums?128@27.hO9GaVU4mUZ@.29f9f561!comment=1&cat=All

(link ini bisa dibuka setelah kamu daftar di medscape.com)

atau kalo g bisa buka ini: http://boards.medscape.com/.29ef0439/


Alex Folkl, Medical Student, Emergency Medicine, 01:30PM Feb 3, 2010

It's January 16th, 2010, but thanks to the University of Vermont's accelerated medical curriculum, I'm nearing the end of my pre-clerkship courses (I write boards in February and start clerkship in March; for all of you on traditional, two-year pre-clerkship schedules: It's okay to be jealous). It's cold and dark here- as it usually is in Vermont in January- and I've put away my textbooks for the evening, so with nothing much else to do, and clerkship year looming, I thought I'd take the time to reflect on a few of the things I wish I'd been told when I was a younger, more-anxious, orientation-week first-year medical student.

Lesson 1: Medical school is hard, but not in the way you would expect

I expected my pre-clerkship classes to be leaps and bounds more difficult- conceptually- than undergrad and graduate coursework. I was wrong. Conceptually, pre-clerkship classes are really not that hard. Show up, pay attention, go over the material as much as you can, and just about anything will stick (this includes things like intermediate metabolic pathways, which are way too detailed for anyone's good and, for me, had never stuck before). What's hard is the volume: There is so much material that it's oftentimes difficult to determine what warrants another pass and what can safely be left for another day. Back home, I remember watching friends in vet school stumble around under stacks of books, with scribbled notes fluttering about like so many falling leaves- and asking, "Do you really need to know all of that?" I was always surprised when they said "Yes, and by Friday." Not anymore. But you can't always know everything. Part of the preclinical years, for me, involved striking a balance between knowing everything and knowing enough to feel competent. I would advise everyone to find that balance, although I'll admit it's easier said than done. You overshoot, and undershoot, and eventually you get it right.

Lesson 2: You can have lots of time, if you want it.

One of the things I was most nervous about, before starting med school, was losing my nights and weekends to endless study. I have hobbies, after all, some of which (rock climbing) take me out of town for days at a time- and I have a wife, who immigrated to the States to see me through my medical education, and with whom I'd prefer not to lose touch. Well, I'm happy to report that despite the workload- and thanks in no small part to a newfound ability to schedule effectively- I've had enough time to stay sane, active, and happily married. In fact, what surprised me most was how much time I had- so much so that I got overconfident and overcommitted. In the last two years- among other things- I've headed up three student interest groups, helped write a manual on cultural competency in health care, and worked on health outreach with a handful of local organizations. Eventually it got to be too much. The lesson for me was that the opportunity to do more is ever-present in medical school- and it's definitely useful to gain extracurricular experience in areas like leadership, project management, and so on- but that the more you do, the less time you have- and over-commitment like this can be enormously draining, both mentally and physically. I'm interested in primary care, so now- to keep from over-committing- I ask myself if a new opportunity will help make me a better primary care doc. If the answer is no, then I say no.

Lesson 3: Everyone has an opinion.

Ask ten medical students how to study for a class, and you will get ten different responses (the explosion of anonymous punditry on the interweb only exacerbates the problem). The tricky thing is, they're all correct- it worked for them, right? But they may not be correct for you. I have a friend who's a couple years ahead of me in the Vermont curriculum and has loads of advice on what books to buy, what lectures to attend, and so on. It's good advice, well-intentioned, and this person has done very well with it, but I've decided that we must approach classes in a different way, because this advice generally has not worked for me. The key is sifting through the noise to figure out what works for you. Just like controlling the volume (Lesson 1), you'll overshoot, and you'll undershoot, and eventually you'll get it right.

Lesson 4: Medical school will change you.

I had hoped that it wouldn't. I was happy with pre-medical me. After all, pre-medical me was good enough to get into med school. But there's no way around it: Medical school comprises a new and incredibly weighty set of responsibilities, both obvious (e.g. being competent enough to patients' lives) and less obvious (e.g. finding that perfect specialty wherein you're both happy and financially secure... this last because, let's face it, medical school is pretty expensive and it'd be nice to pay back those loans). The application process does a good job of screening for the people who absolutely should not be here, but unless you're transferring in from another high-pressure profession, there's very little you can do to truly prepare for the less-tangible challenges medical school will bring. I'm halfway through and I already don't quite recognize the person I've become- but that's okay, because I happen to like the person I'm becoming. So give in to the process, and let it do what it will.

Lesson 5: Everything's important.

I can't count how many times I've been told "This class/lecture/activity isn't important for the boards/clerkships/getting into residency/etc. But I think that's all a bunch of nonsense. That small group session on end-of-life care may not be testable material, and being able to identify the specific translocations that lead to hematologic cancers may not help much if you plan on going into opthamology- but it's all important if you want to become a good, competent, well-rounded physician. And, of course, if you get pimped on rounds. Now, you may not be able to know everything (Lesson 1), but if you're in med school because you want to become a good doc, you should probably give it your best shot.

That's it for now. In the next year, I'll be dealing with the challenges of boards, clerkships, immigrating (I'm American, but my wife is Canadian, Ontario is home, and I'd like to get back as soon as possible), and... starting a family? Big year ahead, and, I'm sure, many more lessons to learn.

Renungan Malam

Malam ini aku bertekad untuk tidur lebih awal, tapi apa daya? aku sudah minum segelas susu untuk melancarkan ngantukku tapi tetep aja nggak bisa MySpace...

Tidak terasa semester 1 udah usai, 3 minggu lagi sudah semester dua, yang artinya aku akan berkutat dengan Anatomi, Histologi dan Ketrampilan Medik, oh iya satu lagi, yaitu PBL dengan tiga modulnya yang sudah dipersiapkan oleh tim PBL tercinta (MySpace)..

Aku merenung, rasanya baru saja aku lulus SMA, tiba2 sudah menduduki bangku kuliah yang dari SD sudah aku impikan ini, kadang aku juga merasa berapa beruntungnya aku diterima di fakultas kedokteran Universitas Airlangga ini, padahal nggak semua orang bisa masuk sini..

Sebelum usaha untuk mencoba tidur aku iseng membaca notesnya Mbak Yelvi, dia adalah mahasiswi FK Unair yang beruntung bisa kuliah di Erasmus Rotterdam University (MySpace, ngarep bisa disana juga) Subhanallah, isi notesnya yang menggambarkan kehidupan keseharian dan akademis di sana sungguh bagus (padahal aku cuma membayangkan).

Setelah membacanya, aku segera membayangkan, bisakah aku seperti dia? bisakah aku kuliah di Eropa yang sangat kuimpikan sejak dulu? kadang ada juga rasa pesimis yang tiba2 muncul di otakku, tapi Alhamdulillah disisi lain aku membantah dengan keras bisikan pesimis itu, hanya dengan kalimat biasa (bahkan bisa dibilang motivasi yang udah lawas), yaitu "KALAU DIA BISA KENAPA KAMU NGGAK??" MySpace.. Yah, aku hanya berhusnudzhan dan berusaha yang terbaik dengan takdir Allah yang menimpa diriku agar pertanyaan "bisakah" tadi terjawab dengan indahnya MySpace..

Bicara motivasi aku juga selalu ingat kata2 guru matematikaku dulu, waktu aku sedih karena nggak diterima di PT yang sebelumnya sudah aku prediksikan akan diterima malah nggak diterima MySpace, yaitu "Ayo nak, kamu bisa kok, jangan sedih begitu", kata2 itu juga yang menjadikan motivasi besarku..

Setelah diterima, bahagianya aku disini, teman2 yang baik, profesorku dan dokterku yang baik (ada sih yg ngejengkelin, ya mungkin juga aku yg nakalMySpace), staf2 pengajar yang ramah, sungguh banyak pengalaman semester 1 yang sudah kuhabiskan bersama teman2 sejawatku (aku biasa dengan sebutan dengan teman2 sejawat, toh nantinya mereka juga jadi teman sejawatku), mulai dari keteteran dengan biomed dan praktikumnya MySpace, kejadian mendadak meninggalnya nenek buyutku sampe TA biomed (jangan ditiru), nyaris asma saat pengumuman modul B, jengkel sama temen2 gara2 temen2 ada yg TA di mata kuliah etika kedokteran (sok banget), juga pernah hampir frustasi MySpace (lebay) gara2 kpikiran "aku nggak salah jurusan ta?", tapi akhirnya berhusnusdzhan bahwa Allah emang sudah mentakdirkan aku untuk jadi dokter (Amiin). Dan kenangan2 indah lainnya di semester 1 itu...

saya mau makan ini semua

Hari ini.. bangun jam 5 pagi, trus solat subuh dan dilanjutkan dengan baca Al Ma'tsurat bersama kluarga dan lagi2 dilanjutkan dengan baca komik buatan Benny and Mice dan akhirnya makan pagi, kok suram banget yaa? MySpace setelah puas dengan itu saya kemudian tidur lagi dan bangun pagi jam 10 MySpace, padahal niatnya mau baca buku Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik karangan Jonathan Gleadle, tapi malah mbangkong (tidur ga bangun2, trimakasih buat Mbak Irsa yang memotivasi saya secara tidak langsung untuk menerjemahkan mbangkong MySpace)

Kemudian saya mandi MySpace dan dilanjutkan dengan browsing internet (malah lupa dengan rencana awal untuk baca buku Anamnesis dan Pemeriksaan Fisik karangan Jonathan Gleadle tadi MySpace) sampe jam 2, diisis dengan membuka notification facebook yang bejibun mulai dari Andi Gita Dala (paling banyak sendiri setelah Aditya Pradana) dan membalas komentar note Sari untuk minta ditag di salah satu notes saya, oiya satu lagi mengomentari statusnya Rara yang pengen belajar bahasa Itali MySpace..

Disela2 internetan itu saya sering turun ke dapur untuk periksa kalau2 makan siang sudah dihidangkan, ternyata masih belum juga MySpace, mbak rida lambat sekali masaknyaa, laparnya udah bener level lima (baca:nggak bisa ditahan lagi), akhirnya sembari menunggu masakan dimasak saya membuka Google ImagesMySpace..
untuk melihat makanan2 yang saya inginkan, dan itu malah membuat perut saya semakin keroncongan

Inilah yang saya lihat:

Sambel Cibiuk yang
puedes
Sate Kelinci (tadi malem dimarahin mama gara2 mau beli ini, MySpace "Kamu tega banget ya sama kelinci!! binatang imut begitu kamu makan!!"

Nasi Goreng Pattaya (gag bakalan makan nasi goreng ini kalo di kantin fkg, inget ga git??)
Ayam Goreng Pasundannya Dapur Desa

Chicken Hanith, uenaknyaaa....

Hadooooooo... sampe selesai bikin postingan ini aja mbak rida belum selesai masaknya MySpace ...

Rahsia Sujud : Perkembangan Otak

Persatuan Islam Kebangsaan Malaysia (MICNA) Jordan mengenal pasti sesiapa yang tidak menunaikan sembahyang maka otaknya tidak dapat menerima darah secukupnya untuk berfungsi secara sempurna.

Jurucakap MICNA Jordan berkata, ini bererti darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak manusia melainkan ketika seseorang itu sujud ketika solat.



Di dalam Majalah Buletin Bulanan MICNA, jurucakap persatuan ini membuat kenyataan bahawa;

"Darah akan memasuki bahagian urat tersebut mengikut kadar solat yang telah diwajibkan oleh Islam".


Ini diakui sendiri oleh seorang doktor neurologi di Amerika Syarikat yang telah memeluk Islam kerana beberapa keajaiban di dalam penyelidikannya itu. Doktor tersebut mendapati dalam kajiannya urat pada saraf manusia memerlukan darah untuk beberapa sukatan tertentu sahaja.

Doktor neurologi tersebut tertarik untuk memeluk Islam semasa membuat kajian saraf yang dilakukan, iaitu terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia tidak dimasuki darah walaupun sepatutnya setiap inci otak manusia memerlukan darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal.

Kini doktor tersebut memeluk Islam dan beliau telah membuka sebuah klinik yang bertemakan "Perubatan melalui- Al-Quran". Beliau juga membuat ubat-ubatan berdasarkan kajian melalui Al-Quran dan Hadis Nabawi. Di antara kaedah yang digunakan termasuklah berpuasa, madu lebah, biji hitam (black Seed).

Manusia yang tidak bersembahyang apatah lagi yang bukan Islam, walaupun akal mereka berfungsi secara normal tetapi sebenarnya mereka akan hilang pertimbangan apabila membuat keputusan secara normal.

Justeru itu, tidak hairan ada di antara manusia kadang-kadang tidak segan silu untuk melakukan perkara bertentangan dengan fitrah kejadiannya walaupun akal mereka mengetahui perkara yang akan dilakukan adalah salah.

"Ini kerana otak mereka tidak boleh mempertimbangkannya secara normal"

Kehabisan ide untuk menulis, inilah hasilnya... ^^

Setiap orang pasti mengalami masa kecil, dan pasti mempunyai kenangan, entah itu buruk atau baik MySpace..
di postingan kali ini saya akan menceritakan sesuatu yang mnurut Anda mungkin tidak PENTING tapi PENTING bagi saya MySpace, yaahhh.. nostalgia sedikit kan ga papa...
Inilah beberapa film dan kartun yg saya sering lihat waktu kecil!!

Kartun ini merupakan kenangan yang tidak bisa dilupakan, sebelumnya mama saya yang mengenalkan kartun ini pada saya, setiap minggu selalu duduk manis didepan TV trus menyanyikan bersama adik2 theme song nya.. "Ada ada saja yang dibuat si Ikyu, tanpa peduli, tanpa peduli....MySpace"
Ikyu san menceritakan kehidupan anak kecil Jepang yang ingin menjadi biksu cilik, selalu saja ada masalah yg menimpanya, entah itu dimarahin biksu kepala gara2 nakal atau apa, yang khas dalam kartun ini adalah adanya boneka pengusir hujan yang sering digantung di dekat jendela rumah (yang putih2 lucu itu lho rek MySpace)...

Yang kedua.. film action Power Ranger Mighty Morphin

Film ini juga aku suka, tapi kalo dipikir2 oleh otak yg sekarang, saya merasa bodoh sekali kalo sudah pernah liat film ini MySpace, mana ada dari orang yg pake baju biasa2 aja tiba2 dengan suatu alat yg sering dipegang kmana2 berubah menjadi pahlwan yang bajunya warna-warni kayak pelangi gitu, mana udah norak!! belum lagi yang namanya Alpha, tau kan?? robot oon yang sering bilang "Ayayay.. ayayay.." (bego banget kan??), duh!! ada juga tuh yang namanya manusia akuarium yg jadi panutannya power ranger, siapa tuh namanya?? ada yg tau nggak?? MySpace

Selanjutnya Atashinchi..

Kartun ini masih ada kok di space toon, tapi aku g tau jadwalnya kapan, jadi merupakan keberuntungan yang besar kalo bisa liat kartun ini MySpace. Kartun ini bukan sembarangan kartun, menceritakan realita yg sebenarnya dalam kehidupan kluarga jepang (lha kadang2 kisah hidup saya sama seperti adegan dalam kartun ini kok, kbetulan sekali).. kartun ini juga favorit mama saya.. Kadang mama saya juga menyenandungkan lagu yang sama saat menyapu.. "mawar merah... penuh gairah..."

Juga ada Doraemon

Film kartun favorit saya sampe saya segede ini, saya bela2in copy komik digital edisi terakhirnya ke rio (komting PD 2009) sungguh, akhir cerita doraemon ini membuatku hampir menangis MySpace.. (yang mau copy silahkan request melalui email saya :) ). Kartun yang dibuat oleh Sensei Fujiko Fujio ini merupakan kartun tertua yang pernah saya lihat, penuh dengan inovasi, menceritakan semangat pertemanan, semangat mengerjakan PR, serta lika-liku kehidupan Nobita yang penuh dengan masalah, tapi Doraemon selalu membantunya.. Dulu juga pernah berkhayal pengen punya Doraemon , saya hanya ingin punya Taplak Meja Angin Utara dan Pintu Kemana Saja
MySpace, karena dengan dua benda ajaib itu saya sudah merasa puas bisa makan dan minum hingga sehat dan jalan2 kmana saja sesuka hati saya tanpa capek2 ngurusin paspor, visa, dll ..

Sebenarnya masi ada banyak, tapi kalo ditulisin semua ya tangan saya yg capek, nah... sekarang berikan komentar kalian, film kartun apa saja yang kalian sukai?? Terimakasih! MySpace

Operasi Batista

Silahkan dibaca, kira2 setelah saya artikan ya begini..::

Tentang prosedur Batista

Prosedur Operasi Batista merupakan percobaan operasi jantung terbuka yang telah dipelajari untuk membalikkan efek dari kasus renovasi dalam tahap akhir kardiomiopati yang membesar.
Dalam kasus ini, pasien menderita pembesaran ventrikel kiri yang tidak bisa memompa darah secara efisien.

Meskipun prosedur Batista pada awalnya tampak menjanjikan, belakangan ditemukan memiliki sedikit keuntungan dan risiko yang cukup besar.
Saat ini, prosedur operasi Batista bukan perawatan yang disarankan untuk cardiomyopathy yang membesar. Dalam bentuk kardiomiopati, jantung gagal untuk merespon terapi konvensional, dan pasien menderita gagal jantung berat. Namun, sementara operasi umumnya jatuh dari bantuan, beberapa kelompok penelitian masih memeriksa prosedur di antara pasien Batista yang cocok untuk transplantasi jantung, seperti orang tua.

Kardiomiopati

Selama prosedur operasi Batista, sebagian kecil yang diperbesar ruang kiri bawah (ventrikel) jantung dibuang (atau dihilangkan), sehingga ukuran ventrikel kiri kembali ke arah normal.
Sementara pasien berada di bawah anestesi umum dan terhubung ke mesin jantung-paru, ahli bedah akan mencari anterior kiri arteri koroner menurun dan membuat dua luka kecil ke bawah dan ke luar untuk mengecilkan (dan akhirnya dibuang) seiris ventrikel kiri. Ini kira-kira mirip dengan cara seseorang akan memotong sepotong kue.Tepi yang tersisa ventrikel kiri itu kemudian dijahit bersama-sama, ruangan kembali ke ukuran normal. Sayatan ditutup, dan operasi selesai.

Variasi dari operasi Batista, yang disebut prosedur Dor, membuat insisi memanjang di ventrikel kiri di sepanjang daerah yang mengalami kerusakan oleh serangan jantung di mana ada suatu aneurisma yang terbentuk.
Aneurismanya dijahit, sehingga mengurangi ukuran ventrikel. Jika bagian yang rusak itu terlalu besar, ada tambalan digunakan untuk menutupi bagian yang rusak. Adanya variasi ini ditemukan oleh Dr Vincent Dor dari Monako dan terus digunakan untuk melihat kemungkinan selanjutnya.

Prosedur yang Batista membawa sejumlah risiko.
Sebagai contoh, jika prosedur tidak berhasil, pasien mungkin perlu menjalani pembedahan darurat dan harus segera memiliki jantung mekanis implant (jantung buatan yang diimplan). Selain itu, operasi ini berkaitan dengan risiko tinggi aritmia jantung, yang kadang-kadang diperlukan implantasi cardioverter defibrillator yang mudah diimplan pada saat yang sama dilakukan operasi. Akhirnya, banyak orang yang mengalami prosedur yang Batista menderita gagal jantung berulang setelah operasi. Ada juga sejumlah risiko yang berkaitan dengan semua jenis operasi jantung terbuka.

Sejarah prosedur operasi Batista

Pengobatan standar untuk pasien dengan tahap akhir gagal jantung adalah untuk minum obat dan menunggu jantung donor.
Namun, ada saja kekurangan donor jantung. Dr Randas Batista melihat efek dari kekurangan ini pertama kalinya di negara asalnya (Brasil), banyak pasien gagal jantung menjadi sekarat sebelum donor jantung dapat ditemukan. Ia terinspirasi oleh pengalaman ini untuk mengembangkan prosedur Batista sebagai alternatif untuk transplantasi jantung. Dia melakukan operasi baru ini untuk pertama kalinya pada tahun 1983 dan setelah itu dilakukan ratusan kali.

Inovasi Dr Batista ini akhirnya menarik perhatian para dokter di Klinik Cleveland, yang akhirnya mengirim kelompok ke Brazil untuk mempelajari teknik tersebut.
Menurut informasi yang disajikan oleh Cleveland Clinic di konferensi tahun 1997 American College of Cardiology, tingkat ketahanan hidup orang yang di operasi Batista adalah selama enam bulan (hampir sama tapi lebih lama) yang ditindak lanjuti dengan dengan operasi transplantasi jantung lainnya, dan sejumlah besar pasien tidak perlu lagi berada di daftar untuk jantung donor.

Namun, kemudian hasilnya tidak menjanjikan.
Peneliti dari Klinik Cleveland melaporkan hasil yang mengecewakan dengan prosedur Batista pada tahun 2000. Meskipun kondisi 25 persen dari pasien membaik setelah operasi, ada juga kondisinya tiba-tiba cepat memburuk pada 33% persen mengalami Takikardia (adalah detak jantung yang sangat cepat (lebih dari 100 denyut per menit)). Sisanya pasien mengalami peningkatan sementara fungsi jantung diikuti dengan penurunan secara bertahap fungsi jantungnya. Para pasien juga mengalami peningkatan tinggi irama jantung yang abnormal, atau aritmia. Karena temuan ini, peneliti menghentikan studi klinis.

Pada waktu yang hampir bersamaan, sebuah prosedur Batista studi yang dilakukan oleh New England Medical Center juga menyimpulkan hasil awal yang buruk.
Peneliti, bagaimanapun juga, jasa Dr Batista menginspirasikan penyelidikan strategi lain untuk menyerah (angkat tangan untuk operasi ini) atau mengoreksi ulang ventrikel kiri dengan kondisi gagal jantung.

Pada studi tahun 2005, memeriksa prosedur Batista di antara orang-orang lanjut usia (berusia di atas 65) dan menemukan bahwa operasi dapat ditoleransi dan dapat diterapkan kepada pasien yang tidak memenuhi syarat untuk transplantasi.
Dalam hal ini, risiko dan manfaat dari prosedur Batista hampir sama untuk orang tua dan muda, tetapi mungkin merupakan perbaikan jangka pendek kepada pasien orang-orang tua yang tidak bisa memiliki transplantasi jantung (atau melakukan), sehingga mengubah risiko / manfaat rasio mendukung prosedur pembedahan.
Namun peneliti lain telah memeriksa efektivitas prosedur Batista dikombinasikan dengan cangkok katup jantung.

Batista Operation

About the Batista procedure

The Batista procedure was an experimental open-heart surgery that had been studied to reverse the effects of remodeling in cases of end-stage dilated cardiomyopathy. In this case, patients suffer from an enlarged left ventricle that cannot pump blood efficiently.

Though the Batista procedure seemed promising at first, it was later found to have little benefit and considerable risk. Today, the Batista procedure is not a recommended treatment for dilated cardiomyopathy. In this form of cardiomyopathy, the heart fails to respond to conventional therapy, and patients suffer from severe heart failure. However, while the surgery has generally fallen out of favor, a few research groups are still examining the Batista procedure among patients who are unsuitable for heart transplantation, such as the elderly.

Cardiomyopathy

During the Batista procedure, a small portion of the enlarged lower-left chamber (ventricle) of the heart was removed, bringing the size of the left ventricle back towards normal. While the patient was under general anesthesia and connected to a heart-lung machine, the surgeon would locate the left anterior descending coronary artery and make two small cuts down and outward to remove a wedge of the left ventricle. This was roughly similar to the way someone would cut out a piece of pie. The remaining edges of the left ventricle were then sewn together, returning the chamber to its normal size. The incision was closed, and the surgery complete.

A variation of the Batista, called the Dor procedure, involved a lengthwise incision in the left ventricle along an area damaged by a heart attack in which an aneurysm has formed. The aneurysm is stitched off, thus reducing the size of the ventricle. If the damaged area was too large, a patch was used to cover the damaged area. This variation was invented by Dr. Vincent Dor of Monaco and continues to see use.

The Batista procedure carried a number of risks. For example, if the procedure was unsuccessful, the patient might need to undergo emergency surgery immediately to have a mechanical heart implanted. In addition, the surgery was associated with a high risk of dangerous heart arrhythmias, which sometimes required implantation of an implantable cardioverter defibrillator at the same time the surgery was performed. Finally, many people who underwent the Batista procedure suffered from recurrent heart failure after the surgery. There are also a number of risks associated with any type of open-heart surgery.

History of the Batista procedure

The standard treatment for patients with advanced end stage heart failure is to take medication and wait for a donor heart. However, there is a serious shortage of donor hearts. Dr. Randas Batista saw the effects of this shortage first-hand in his native country (Brazil), where many heart failure patients were dying before a heart donor could be found. He was inspired by this experience to develop the Batista procedure as an alternative to heart transplantation. He performed this new surgery for the first time in 1983 and afterward performed it hundreds of times.

Dr. Batista’s work caught the attention of physicians at the Cleveland Clinic, which sent a group to Brazil to study the technique. According to information presented by the Cleveland Clinic at the 1997 conference of the American College of Cardiology, survival rates at six-month follow-up were similar to those associated with heart transplantation, and a significant number of patients no longer needed to be on the list for a donor heart.

However, later results were not as promising. Researchers from the Cleveland Clinic reported disappointing results with the Batista procedure in 2000. Though the conditions of 25 percent of the patients improved following the surgery, conditions rapidly deteriorated in 33 Tachycardia is an unusually fast heartbeat (more than 100 beats per minute).percent of patients. The remaining patients experienced a temporary improvement in cardiac function followed by a return to gradually declining function. The patients also experienced a high rate of abnormal heart rhythms, or arrhythmias. Because of these findings, researchers discontinued the clinical study.

About the same time, a Batista procedure study conducted by the New England Medical Center was also concluded early because of poor results. Researchers, however, credit Dr. Batista for inspiring the investigation of other strategies to reverse or correct remodeling of the left ventricle with heart failure.

Later studies, in 2005, examined the Batista procedure among elderly people (over age 65) and found that the surgery could be tolerated and may be considered among patients who were not eligible for transplantation. In this case, the risks and benefits of the Batista procedure are similar for elderly and younger people, but may represent a short-term improvement among elderly people who cannot have a heart transplant, thus altering the risk/benefit ratio in favor of the procedure. Still other researchers have examined the effectiveness of the Batista procedure combined with heart valve transplantation.