2nd Award :D

Alhamdulillah, dapat award lagi, ini award yang kedua dari mas wzni pradana, terimakasih banyak ya mas... this is the award:

This award will forwarded to:
2. mojo (again)
10. Odhie

Congratulations to all of you!! your blog are nice!!

For every bloggers who get this award, i ask you politely to share this award to your blog-friends. Then, the recepient of this award dont forget to attach this links (below) in your blog or in your blog-article..:

Buat teman-teman yang menerima award ini, kalau berkenan silahkan membagikan ulang kepada (10) sepuluh orang teman lainnya. Selanjutnya, penerima award jangan lupa mencantumkan link-link berikut ini di blog atau artikel masing-masing ya..:


Before you put the link above, please delete the #1 participant from the list. So every participants are up 1 level, 2nd participant being #1, 3rd participant being #2 and so on. And put your own blog-link in #10

Sebelum sahabat meletakkan link-link di atas, hapus dulu peserta nomor 1 dari daftar (Jika ada). Jadi semua peserta naik 1 level, nomor 2 jadi nomor 1, nomor 3 jadi nomor 2 dst. Terus masukkan link blog kita sendiri di nomor 10.

Thanks!! KEEP BLOGGING!!

Aku Harus Jujur




Saya menulis ini dengan diiiringi OST 3 idiot (so what? MySpace), yeah, tulisan
ini... entah siapa yang fokuskan untuk dibicarakan..
Tapi tahukah kamu?? shaleh itu siapa sih?? dia anaknya siapa? panggilan favoritnya waktu SMA itu apa? dia sukanya apa? dia benci apa? shaleh it
u suka makan apa?? dia takut apa? kapan dia pertama kali bisa menulis dan membaca lancar? kapan dia bisa kayang satu jam dan langsung tari samba?. Well, yang terakhir g usah dibaca hehehe MySpace..

Apakah shaleh seperti ini? shaleh itu suka makan makanan yang enak (jelas banget tauk!), suka membaca dan menulis, suka menggambar di bindernya, suka traktir temennya (masa?), tidak suka kucing bau MySpace, takut sama nilai jelek (dan ketakutan itu
masih ada sampe skrg dan saya-pun stres seharian kalo dapat nilai dibawah C), hahaha, itulah shaleh dalam beberapa ke-anomaliannya (emang aneh yak?)..


Begini temanku yang kucintai, mungkin kalian melihat diriku seperti anak dengan kelainan yang parah, kadang terlihat menyendiri, kadang pendiam, kadang terlihat begitu cerewet sampai saya sendiri pengen menabok si"sh
aleh" itu ketika saya
melihat rekaman video "shaleh" yang lagi bercuap-cuap ria, kadang bisa begitu menyeramkan (sebutan kocak nan lucu; penculik anak), kadang bisa begitu menyenangkan, kadang bisa serius, kadang bisa membosankan, kadang menyebalkan, kadang kayak orang mau mati (aih?).. Shaleh ini juga suka sekali dengan kebersihan sampai saya perna chat di YM dengan seseorang sambil makan kwetiau (mie ala china tipis2 warna kuning itu loh);

xxx: kamu kok rapi banget seh?
shaleh: ah masa? biasa aja tuh!
xxx: beneran deh!!
xxx: atau jgn kamu homo ya?? biasanya kan cowok itu urakan
shaleh: zzz *mengasah pisau dan siap mencekoki si xx dengan kewatiau sepanjang 5 meter MySpace

Emang orang yang rapi itu homo ya?? what a pity orang yang berkata dem
ikian (kalian jgn tiru2 si xxx ya, g bener tuh), begini, saya teringat kata2 principal saya waktu masih di SHS, namanya Mr. Edy, dia bilang "the key of success are only three! they're dilligent, neat and discipline. Nah, masihkah si xxx itu tetap menodong saya dengan kata2 yang agak "gimanaaaa gitu", kalo si xxx tetep berkata begitu saya anjurkan dia untuk periksakan
diri ke dokter spesialis orthopaedi (nyambunge lho?) MySpace

Jika saya dihadapkan dengan kondisi yang tidak sesuai dengan kemauan saya, saya masih maklum kok, maklumlah cowok!! rusak2 dan kotor2 dikit ga papa, kalo g kotor kan g belajar (iklannya apa ya ini?) tapi yaa berubahlah sdikit2, sebagai tenaga medis saya dituntut untuk serba sistematis dan steril (tapi ya jangan lebay). O iya!! ada satu cerita lagi, sebenernya g mau cerita sih, tapi... aduuh, g jadi deh... (ooo dasar wong edan!!) MySpace


Kemudian dari pada itu, undang undang yang membahas (ngelantur...) *asthma hik hik hik..



Maaf2 tadi lagi asthma, saya sangat menghargai orang yang menghargai waktu, kenapa?? pikirkanlah sendiri, kalian pasti tau seberapa pentingnya waktu itu. saya sebal dan geram kalo melihat orang yang terlambat, okelah sekali-dua kali terlambat itu gpp, tapi kalo berkali2 terlambat gimana dong?? malu atuh, g disiplin, mau jadi apa coba?? malu sama jepang.. kita lihat dialog reka2 saya ini;

dirumah sakit lebih tepatnya diruang operasi, lebih tepatnya lagi diruang operasi nomor 3
perawat1: lho dokter bedahnya mana ya?
perawat2: tunggu bentar, dia lg macet di A.Yani
perawat1: *ngambil parang MySpace

knapa perawat1 itu marah?? ternyata eh ternyata si dokter rumahnya di rungkut trus RSnya itu di di daerah perak dan dia berangkat jam8 pagi, padahal operasi jam
8 lebih 1 menit (*mencret deh saya MySpace). Gimana g marah? saya aja marah kalo ketemu dokter begitu, saya juga sebel kok sama dosen yang suka telat kalo mau ngasih kuliah (jangan muna leh, padahal kamu bahagia banget kalo dosennya telat, artinya kuliahnya g lama, mwahahaha).. Hargai waktumu yaaa anakku, Al Waktukas Shoif!! Waktu adalah pedang! terlambat sedikit langsung deh hancur semua (logikanya kalian telat naik pesawat)

Lalu, tepatilah janjimu!!
Kalo janji sama orang itu usahakan ditepati, kalo emang g bisa menep
ati dikarenakan ada alasan, alasanmu itu harus bener, jangan yang g bisa diterima akal sehat, kita baca ilustrasi ini:

ani: in, balikin bukuku dong!
ina: besok deh! g bawa nih
ani: janji ya..
ina: ok
besoknya
ani: mana bukuku?
ina: waduh, lupa.. maaf yaa
ani: emmm.. ok deh, besok dibawa yaa, jgn lupa loh!
ina: sip
besoknya lagi dijam yang sama, dimenit yang sama dan didetik yang sama (pas banget)
ani: mana?
ina: alamak, bukumu dibawa papa ke negri china trus dipinjem sama adeknya papa dan dibawa ke zimbabwe, maaf ya ani..
ani: *bunuh diri MySpace

Terdengar lebay memang dialog ini (kan ini reka2 saya). Harusnya sih ina begitu dingatkan siangnya malemnya tu buku yang ditagih masukin tas, tutup rapat2 dan besoknya siap diserahin ke ani, dengan begitu selesai sudah kuliah kita, mari kita akhiri dengan bacaan hamdalah.. (lagi2 ngelantur, BELOM WOY!! MySpace)

Pernah saya agak marah dengan seseorang hanya karena masalah simpel, yaitu teman saya g mengembalikan buku yang dia pinjam, dan itu bukan satu atau dua orang, dari SHS juga ada orang yg kayak gitu, sampai pernah orang yang saya tagih juga ikutan marah hanya karena saya menterornya (padahal saya g terorin lho, cuma ngingetin aja lewat sms), jadi yang salah siapa?? MySpace

Jadi kesimpulan yang kita dapatkan adalah, shaleh adalah anak yang kurus, berkulit coklat, berkacamata coklat, bermata coklat, berambut hitam a
gak merah (kalo kena sinar), berkawat gigi, pecinta travelling dan tidur, selanjutnya apalagi, murid2? yak kamu!! ya kamu yang baca tulisan ini!! apalagi coba?? apa? g denger nih!! yak bener sekali ...
BENCI KUCING BAU *astaghfirullah, dari tadi nulis panjang2 kesimpulannya ini, mari kita gali kubur MySpace



*tulisan absurd ini didedikasikan untuk teman saya Almarhum Muhammad Zaki *setidaknya bisa membuat dia tersenyum

Kawan, meskipun aku tidak sempat bertemu denganmu
Meskipun aku tidak sempat mengenalimu
Dan kau tau aku dan aku tidak megetahuimu
Tapi aku hargai niat baikmu
Tenanglah disana
Tetaplah tersenyum
Aku mendoakanmu...

1st award

Alhamdulillah, tiba2 mbak mia memberiku award pertamaku di blog, makasih banyak ya mbak... sebenernya udah lama sih dapet award ini, cuma baru ngeh sekarang klo award blog ya gini dan harus diteruskan ke beberapa orang (tergantung mintanya brapa). Ini nih awardku:


Ok, award ini akan saya teruskan ke visitor pertama blog ini, yaitu; maora alias mbak mala, /despicable <3,ahma indraki, Warung Online, and Warna Tulisan

Please re-award this award for 5 bloggers (minimal), ok.. love you!!
Tes satu dua tiga...
saya sedang mengetes mylivesignature saya...

AAhhhhhhhh... berhasil!!! HOREE!!! MySpace

Give Me Some Sunshine


Kemaren2 sama keluarga saya liat film 3 idiots yanh berapa kali sudah saya tonton, entah kenapa saya g bosen2nya onton tu film, kadang sampe terharu trus hampir nangis (emang saya ini hatinya lembut kok, wkakakakak MySpace), di anatra soundtrack itu, saya suka lagu yang berjudul Give Me Some Sunshine yang difilm itu dinyanyikan oleh Joy Lobo yang ditindas oleh direktur ICE (pengen banget menyuntik mati tu direktur MySpace).. Oke setelah googling akhirnya saya menemukan liriknya dalam bahasa india, uruf latin dan terjemahannya dari om google translate, ini dia..:

Hidusthan

कन्धों को किताबों
के बोझ ने झुकाया
रिश्वत देना तो खुद
पापा ने सिखाया
99% मार्क्स लाओगे तो घडी वर्ना छड़ी

लिख लिख कर पड़ा हथेली पर
Alpha, beta, gamma का चाल
कांसन्त्रतेद H2SO4 ने पूरा
पूरा बचपन जला डाला

बचपन तो गया
जवानी भी गयी
एक पल तो अब हमें
जीने दो जीने दो

बचपन तो गया
जवानी भी गयी
एक पल तो अब हमें
जीने दो जीने दो

साड़ी उम्र हम
मर मर के जी लिए
एक पल तो अब हमें जीने दो
जीने दो


Latin

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Kandhon ko kitabon
Ke bojh ne jhukaya
Rishvat dena to khud
Papa ne sikhaya
99% marks laaoge to ghadi, varna chhadi

Likh likh kar pada hatheli par
Alpha, beta, gamma ka chaala
Concentrated H2SO4 ne poora
Poora bachpan jalaa daala

Bachpan to gaya
Jawani bhi gayi
Ek pal to ab humein
Jeene do jeene do

Bachpan to gaya
Jawani bhi gayi
Ek pal to ab humein
Jeene do jeene do

Saari umar hum
Mar mar ke jee liye
Ek pal to ab humein jeene do
Jeene do

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….
Na na na….Na na na….Na na na….Na na nana na….


Indonesian by Google Translate

Umur kita bagai sari
Yang hidup mati untuk mati
Jadi sekarang kita tinggal sebentar
untuk Hidup

Gelar ada di pundak
Beban di lengan
Sedangkan itu untuk makan diri sendiri
Ayah mengajarkan
Atau membawa tanda manis 99%

Menulis harus menulis dengan tangan
memindahkan Alfa, beta, gamma
H2SO4 Konsentrasi lengkap
Seluruh anak dibakar

Jika seorang anak
Pemuda juga memiliki
Maka suatu saat kita
Live hidup

Yah, walaupun translatenya om google rada "edan" tapi gpp kok, saya ngerti apa maksud dari lagu itu... Filmnya bagus, mendidik, penuh hikmah, persahabatan yang tidak terputus, dilihat berapa kalipun saya tidak bosan (bahkan saya iri dengan 3 sahabat itu, knapa saya masih belum menemukan sahabat seperti mereka ya? MySpace

Hari Ini

Mentari muncul dengan indahnya, burung2 berkicauan (bohong, g ada burung tuh), sinar matahari hangat menembus jendela rumahku (lagi2 bohong, kan masih jam 5.20), aku bangun dan kaget setengah mampus karena belum solat subuh, njerit2 histeris MySpace, bangunin semua awak rumah, akhirnya aku sholat subuh...

Kemudian nyalain laptop, tancepin modem trus buka 4shared.com untuk download foto2 panitia Achilles 2010, karena menunggu lama, aku tinggal tidur hampir 40 menitan lah.., kemudian entah knapa bangun lagi, buka fb, oohh, notification g banyak, balesin comment doang, trus upload foto 3 idiots (yaitu aku, sulaiman dan si mamad), kemudian ngakak2 sendiri ngeliat foto2 pemain 3 idiots versi india. G terasa cuma buka fb udah habisin waktu 1 jam, si bundo tereak nyuruh mandi atau makan dulu, sempet merenung sih mau yang mana dulu, karena asyik fesbukan merenungnya ditunda dulu, aku lagi asik2nya balesin komen statusku yang dikomen sama si dendy, sempet bingung jg sama pernyataannya (atau dia yg bingung dengan isi komenku?) kemudian si aditya juga ikut2an komen hanya untuk bilang "opo c dendy? -__-"", lalu sang bundo tereak lagi.. "SHALEEEHHH MANDIIIIIII!!!, ntar ambulansnya datang loh!!" dan akupun menjawab "BENTAAAAARRR, si dendy lagi komen status nih bundo!!" bundokupun berbusa mulutnya setelah aku bilang "lagi bales komennya dendy" MySpace. O iya!! baru tau kalo hari ini pergi ke puskesmas dijemput ambulans sama temen bundo, langsung deh mandi jebar-jebur, dan dilanjutkan makan gudeg yg hanya dimakan opor ayamnya (per
tama kalinya makan opor ayam)...

Sampai di puskesmas..
Nungguin dokter lummah, eh g sampe 10 menit udah dateng tuh dokter, karena pasien lainnya udah dateng duluan aku masuk ruang praktek duluan, ngeliatin dokter lummah ngerawat pasiennya, sambil iseng2 aku duduk di kursi ala dokter gigi, maen2 sama bor gigi, untungnya g kecolok tuh mata.. Akhirnya giliranku, dokter lummah menyuruhku membuka mulut, entah ada alat aneh masuk dan menopang bibir atas dan bawah, aku sendiri g tau nama alatnya apa, alhasil wajahku yang ganteng jadi kayak sapi kurus yang mau digelonggong, ini dia gambarnya:

Ya Allah, aku hanya bisa istighfar dan ngelus dada, dokter lummah dan bundoku (khusus bundo bilang: "iiihhh, mirip kambing deh") hanya bisa tertawa2 sampe sakit perut (untung g mencret) ngeliat ekspresi wajah yang Na'udzubillah itu, batinku berdoa "Ya Allah, biarlah hal ini terjadi hanya satu kali dalam hidupku", gigiku dipasang lem trus dibiarkan selama 15 menit dengan mulut tetep seperti mulut sapi kurus yang siap digelonggong seperti gambar laknat di atas, selama dibiarkan 15 menit, dokter lummah memanggil pasien baru untuk dirawat, akupun lagi2 pasrah sambil membalas sms dari parama dan BBS serta ira, kadang2 mulut yang terbuka lebar sebesar telur angsa itu tiba2 mengeluarkan saliva dengan sendirinya sehingga tisu gulung yang tebel jadi tinggal separuh tebelnya MySpace..

Akhirnya setelah hampir 45 menit, jadilah terpasang bracketnya, dengan 2 gigi disamping kiri tidak berhasil dipasangi biji bracket karena lemnya kurang kuat dan aku diwajibkan datang lagi senin besok habis kuliah...

Hasil untuk hari ini:

Percakapan Hati

percakapan sendiri dalam hati

Ini adalah percakapan 2 sisi hati:

aku1: hey, kenapa kamu sedih?

aku2: ha? emang aku terlihat sedih ya, aku1?

aku1: keliatan banget loh..

aku2: aku sedih karena aku ngerasa gagal ngajak temanku pada kebaikan dan pada saat yang sama aku iri dan hal2 lain yang bikin aku bete

aku1: lho? gagal knapa? iri sama siapa? kenapa kok bisa iri, aku2? ayo critain semua, kita kan udah lama bersatu..

aku2: gagal karena aku g bisa ngajakin temenku kepada kebaikan, aku udah berusaha ngajakin mereka solat, ngajakin mereka pada kebaikan, tapi g ada hasilnya, malah g ada perubahan, itu yang pertama, aku1! Aku jadi ngerasa seperti Nabi yang pernah ninggalin kaumnya :(, yaaah, meskipun aku bukan Nabi sih...

aku1: oh gitu, gini aku2, semua butuh proses, g mungkin semuanya bakal langsung jadi seperti yang kamu inginkan, kamunya jg harus sabar dalam menghadapi temanmu itu

aku2: iya ya, emang aku tuh orangnya g sabaran, aku1.. Okelah, aku akan berusaha untuk sabar

aku1: trus, kamu iri knapa?

aku2: aku iri sama kemampuan temanku, bukannya aku membanding2kan diriku dengan temanku, tapi kenyataannya aku lebih rajin daripada mereka, aku sebal dengan diriku yang masih belum bisa menandingi mereka, aku sudah berusaha maksimal, tapi aku masih merasa kurang oleh sebab itu aku terpacu untuk berusaha lagi, tapi secapek2nya aku berusaha mereka selalu bisa mengalahkanku, mereka selalu unggul dan akunya gagal lagi, sampai2 aku berpikir Tuhan itu tidak adil, aku tau pemikiranku itu salah, tapi aku sudah terlanjur emosi, yaaah.. oleh karena itu aku bersabar, tapi masih sulit..

aku1: lho kok punya pikiran seperti itu sih? g baik lho, aku2. Allah itu Maha Adil, usahamu itu sudah maksimal, tapi sekali lagi, kamu belum sabar, tapi syukurlah kamu sudah berusaha untuk sabar, coba deh istighfar kalo kamu lagi sebel, iri atau punya perasaan negatif, be positive , my mate!

aku2: tapi, gimanapun juga, aku udah ngeliat dengan mata kepala sendiri kelakuan mereka, mereka cenderung berbuat yang tidak sepatutnya, tapi kenapa Allah memberi mereka keunggulan? itulah yang aku irikan!!

aku1: Iya iya aku tau, semua pasti ada balasannya, tapi kamu jgn berharap mereka dapat balasan yang jelek, itu urusan Allah, bukan urusanmu, nanti kamu akan mendapatkan kebahagian pada akhirnya kok

aku2: ooh, gitu yaa, lalu bagaimana caranya untuk sabar jika setiap hari keadaan itu terus menerus ada disampingku?

aku1: istighfar temanku, inget Allah...

aku2: oooh..

aku1: ada lagi?

aku2: ada!! maaf ya aku1, aku jadi manja gini, tapi beneran, hal2 ini membuatku bete

aku1: iya ga papa, coba ceritain lagi masalahmu!
to be continued...

Andaikan aku menemukan sahabat sejati, tentu aku tidak akan begini, hari2ku diisi senyumanmu yang menemaniku dan doamu yang menyertaiku, dimana kita akan saling tolong menolong, dimana salah satu atau dua2nya dari kita menjadi pundak untuk menangis dan menumpahkan kesedihan atau bahkan sama2 merayakan kebahagian dan menularkan kebahagiaan, saling memotivasi, bekerja sama, dan melakukan kegiatan2 positif atau "negatif" (negatif yang baik :p )...

Terkutip dari lirik SNADA yang pernah aku dengar lagunya:
Selama ini kumencari-cari
Teman yang sejati
Untuk menemani perjuangan ini...

cerita hari ini

Tadi malam saya mendapatkan sms dari teman sejawat, kurang lebih isinya begini:
"nyadar g sih klo km berubah? mnurutku begitu. u're so cold. gpp sih klo itu itu bikin km nyaman, dst..."
Phew, lagi2 sms begini, dinginkah saya? pemarahkah saya? sebegitu seramnya kah saya? sampe dia mengirim sms begitu? yaaah, mungkin iya mungkin tidak, saya melihat di mata teman lain (dengan cara pandang saya yang mungkin bisa saja salah) mereka enjoy dengan saya, mereka terlihat biasa saja dengan saya, tapi kenapa dengan si pengirim sms ini?? OOOhh, mungkin juga karena diriku, mungkin juga karena diriku sedang memikirkan sesuatu yang bagiku mungkin menyebalkan, sehingga dia menemui saya dalam keadaan dan diwaktu yang salah...

Ok, saya hanya minta maaf kepada si pengirim sms itu, tapi sayangnya untuk saat ini hanya bisa lewat tulisan ini saja, karena pulsa saya sedang habis, hehehe.. MySpace

Kemudian, cerita selanjutnya...
Hari ini saya merasa bodoh sekali, benar2 bodoh, same punya pikiran "saya g bakalan lulus", tapi setelah istighfar kata2 itu saya cabut kembali, gimana g ngerasa bodoh, pas pretest sama profesor pengajar fisiologi tadi saya hampir tidak bisa menjawab beberapa soal yang diberikan, rasanya mau nangis dan mau mati (lebay), padahal malamnya udah belajar, eeh yang keluar malah soal2 kecil alias soal2 yang g saya sangka akan dikeluarkan karena mudah, justru karena mudah saya tidak menghapalkan bagian yang mudah itu malah menghapalkan literatur yang sulit dan panjang2, bodohnya saya... MySpace

Yah, mungkin itu dulu untuk cerita hari ini, mudah2an hari esok lebih baik dari ini.. Ameen..

kesan seminggu pertama semester 3

Alhamdulillah.. MySpace
Udah masuk semester 3, semester yang katanya mbak2 dan mas2 senior adalah semester paling nyantai?? KATANYA SAPA?? NGGAK BANGET TUH buat saya!! MySpace semester ini saya mendapatkan beberapa mata kuliah, ada 3 studi (klo g salah), yaitu; biokimia, fisiologi atau faal kedokteran, modul integrasi (yang katanya disebut PBL), dan PPGD, dikit kan?? emang sih dikit, tp sksnya itu lho.. masing2 banyak banget, biokimnya sulit banget, belum lagi untuk PPGD yang menyita waktuku, tapi... biarlah, inilah jalan yang memang udah kupilih.. biarin aja deh.. ikutin dan enjoy aja.. MySpace

Yup, saya mau nyritain sminggu pertama. Kuliah perdana dimulai (sebetulnya bukan kuliah sih, masih kontrak perkuliahan dan perkenalan) hari selasa tanggal 14 September 2010 kmaren, baru hari pertama sang dosen udah telan 21 menit MySpace, tp saya maklum, sang dosen udah tua, jadi bruntung dong kita kalo telat g bakal ketahuan.. hehehe, dosen fisiologi alias faal enak2 kok, mereka g nyeremin, g saklek2 (saya berani ngomong gini karena masih belum ketemu sama dosen yg fisiologi yang lain, hahaha, sisanya saya g tau)..

Kalo biokimia, parah abis dah, dosennya udah sepuh2, kuliahnya sulit banget (secara dulu saya benci kimia), kalo ngajar ada jg yang bikin ngantuk, kuliah ini campuran biologi-fisika-kimia, huuuu.. IPA banget deh.. MySpace

Dan diminggu pertama semester 3 ini saya jadi tau knapa dunia kedokteran indonesia agak, yaahh.. "rusak", terlihat dari hasil ujian UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), mereka bagus di teori tapi di praktek mereka "bobrok", terutama pada bagian sikap dan keprofesionalan, mereka masih beum bisa berempati kepada pasien mereka nantinya, kemudian sopan-santun terhadap pasien belum terlihat. Juga terlihat dari kebiasaan mereka sejak dari mahasiswa preklinik yang belum mengerti kesopanan dalam berinteraksi dengan yang senior atau pasien praktek mereka. Saya bilang begini bukan karena saya gak kayak begitu, jujur aja saya masih belum bisa diilang lulus, saya masih belum profesional dan sikap saya masih belum layak seperti dokter.

I just wish, mudah2an kedokteran Indonesia tidak kalah dengan negara2 maju lainya.. MySpace

Hari pertama semester 3

Kuliah perdana adalah faal, tapi masih kontrak perkuliahan, alhamdulillah, insha'allah smua dosen2nya tidak ada yg morecek (ngeselin)..
walau hari pertama agak sebel krn jam karetnya dosen, harusnya jam 7.10 udah mulai kuliah tp jam 7.21 baru dimulai, gpp, secara dosennya sudah nenek2 dan tua2, jadi maklum klo mereka capek naek tangga ke lantai 3.

Today,im really disapointed, i cant write it in here, too personal, maybe he can read this journal :(, i just can say,
"we're same, we're fail, u failed, i failed in last madrasah.."

Eid Mubarak

cerita hari in

Hari ini saya chatting dengan temen kampus, dia mahasiswi foreign dari malaysia, saya sempet bertanya2 tentang makanan khas malaysia kalo lebaran dan bagaimana dia bisa mengenal fk unair (satu kampus dgn saya), tiba2 dia bertanya "sayang ke indonesia?", hmmm, butuh 8 detik untuk memikirkan jawaban yang tepat, tapi terketiklah jawaban "sayang", kenapa saya begitu lama hanya untuk menjawab "sayang"? yah, mungkin juga rasa nasionalisme saya sedikit atau kurang, tapi jujur saja yaa, saya sebenernya sayang dengan negeri ini, bagaimana tidak? negeri ini memiliki semua kekayaan yang negara lain tidak punya (lihat notes facebook saya), negeri ini indah, potensi alam dan wisatanya subhanallah banyak sangat..

Kemudian setelah menjawab "sayang", saya melanjutkan lagi; "tapi lebih sayang lagi kalo indonesia memperbaiki segala aspek sistemnya", mulai dari perpolitikan, aturan, hukum, pendidikan, dll, malu dong, negara segede ini kalah sama negara lain, SDMnya banyak tapi bodoh2 dan g terlatih, hukumnya hanya dijadikan tulisan tanpa dipraktekkan, ketidak-adilan dimana2, yang jadi emimpin hanya umbar janji sana-sini, jujur, saya sudah g tahan sama negeri ini..

Bahkan, saya sendiri udah punya mimpi (entah ini buruk atau tidak) untuk pindah kewarganegaraan, saya iri dengan mantan presiden habibi, dia bisa sukses di jerman tapi di indonesia tidak, saya juga iri dengan anggun, bisa sukses di prancis tapi saat mulai debutnya jadi penyanyi dia malah dilecehkan di indonesia.. hehehe, terdengar ngimpi yaa impian saya itu, tapi siapa tau??, tapi dilain sisi hati saya, saya inin sekali memberi tinta emas buat indonesia, sesuatu yg tersimpan selamanya untuk indonesia, entah itu menulis buku, jadi dokter yang andal atau yang lain...

Indonesiaku, maafkan aku, mungkin aku bukan warga negaramu yang baik, tapi aku masih memiliki.. yah... secercah sayang kepadamu.. MySpace

hikmah cado2

Dari pengalaman yang udah saya dapatkan dan after baca cado2nya si perdiripa (yang tamat saya baca kurang dari 5 jam), sayapun bisa ngambil hikmahnya, yak, kita bahas satu persatu...

1. kalo mau jadi dokter, kita tuh harus uptodate sama teknologi (jgn update status fb mulu), malu dong klo kita diem aja pas yg lainnya masang karburator, eh maaf, ventilator kepasien kita karena g tau harus dipasang dimana, secara skrg jamannya internet, rajin2lah baca jurnal yang banyak (sampe lu tenggelam dilautan jurnal), banyak2lah berhadapan dgn pasien agar pengalaman bertambah, jgn maen lempar tugas ketemen sejawat..

2. jangan percaya sama guna2, kita ini dokter loh!! (baca dgn mmbayangkan shaleh mengerjap2kan mata), kita g boleh dong menganggap teman kita adalah ko-ass pembawa pasien, mereka kan manusia juga (ya iyalah, emang kebo?). o iya, jgn coba mempraktekkan tempel upil kepintu (yang mitosnya bisa menghalau pasien) untuk menghalau pasien yg datang, walopun upil itu udah menumpuk setinggi gunung everest d ipintu masuk pasien tetep aja g mempan, yg ada PPDS dan profesor nyuruh kita berhenti jd ko-ass (lebih baik jadi cleaning service spesialis pembersih upil katanya)

3. jangan lupa jaga penampilan, jadi dokter itu harus bersih, (skali lg) jgn ngupilan, jgn ngentutan (hayooo yg kena tag), jas lab harus putih seputih awan dilangit tp jgn sampe keputihan alias pektay, klo kbagian jaga sampe nginep jgn lupa bawa hape, pralatan mandi, baju ganti, dedodorant, bacaan penghalau setan dan stres, khusus untuk axilla (saya g bisa bilang ke*tek, krn jijik sndiri), tolong dikasi DD, bagi yang punya pabrik tawas harap ngadain open house dan bagi2 tawasnya.. (special buang bang adit, kita g boleh jadi pengikutnya si uba yaaa!! *tos!!)

4. errr.. jadi anaknya profesor sekondang trio macan itu asik lho, ujian bisa dimudahkan dan dipermudah, tapi seterusnya g tau deh.. (entah itu dikrubungin temen sjawat untuk bagi2 soal yg bakalan kluar atau apa)---> poin paling g penting

5. jangan suka pegang2 (emang pegang apaan?), bagi yg tangannya gatel, coba masukkan kedalam kantong jas lab saat KRS atau sedang jaga, mata jgn jelalatan saat dapet pasien ce-co yg semlohay, klo sedang palpasi atau sedang maen perkusi fokuskan tangan didaerah yg akan dipalpasi dan diperkusi, JANGAN nyasar keatas, apalagi kebawah, bisa berabe loh!! inget rahasia pasien itu ada ditangan kmu!! bener katanya si perdi, JANGAN jadi dokter cabul entar kena adzab baik dunia dan di akhirat (ceile.. alimnyeee...)

6. jadilah cheerleader, jadilah penyemangat sesama teman sejawat dan pasien, kalo ada temen yg g lulus ujian, disemangatin, klo ada pasien sakit ya disemangatin dong jangan ditakut2in begini;dokter: "bu, penyakit ibu bahaya loh, mungkin besok kutilnya segede pantat babon, mungkin diamputasi tapi sembuhnya 6 bulan lagi"ibu: "..." (bengeknya kumat dan si ibu dianter ke IRD)Tuh kan, sebagai dokter kita jg harus pinter, kan cuma kutil segede upil diheboh2in sampe segede pantat babon dan harus diamputasi?? kayaknya tu dokter harus baca ilmu pengantar dermatologi deh..

7. sebagai orang arab yang sama sekali (g sih, cuma belum bisa aja) g ngerti bahasa jawa haluuuuus dan mulus bagai kulitnya angelina jolie luluran cap putri ayu yang hampir kadaluarsa, saya diwajibkan dan pengen bisa berbahasa jawa, secara kuliah saya di surabaya yang panasnya minta ampyuuun orang2 disini terdiri dari berbagai macam suku dan latar budaya yg berbeda, contohnya madura.. kota garem yg penduduknya fasih berbahasa madura (ampun dah, masa fasih bahasa zimbabwe? -.-"), sesuai dgn pengalaman saya selama KRS, saya paling takut menghdapi pasien jawa asli (bayangkan pasien dgn blangkon dan ditemani istrinya memakai konde tusuk dan kebaya dan menggunakan bahasa jawa yg medhok lengkap dgn cangkok2nya) dan madura, O mai goat... bakalan speechless deh saya klo mereka menggunakan bahasa asal planet itu... jadi pemirsa, klo punya temen yg pandai berbahasa daerah minta diajarin sono gih!! (ex: tain)

8. jadi dokter itu harus berani sama jorok --> saya paling g bisa T.Tsemester 1 kmaren kita udah analisis semen (masih teringat saat saya teriak2 di lab biomed takut kena ciprat semen), semester 4 kita menghdapi feses (entah fesesnya temen, sendiri atau pasien?), nah, untuk yg feses dan muntah ini saya g yakin bisa menghdapi cobaan itu, oleh karena itu siapkan tandu dan oxycan bila saya pingsan saat praktikum feses. knapa begini?? g selamanya dokter bakalan menghdapi hal2 yg steril spt scalpel, jarum suntik atau benda2 mengerikan lainnya, kadang saat kita jaga ko-ass atau nanti klo jadi PPDS mungkin kita akan mendapati ibu2 yg mau melahirkan saking kuatnya ngeden yg kluar bukannya si orok tp malah pup atau pasien muntah didepan kita, g asyik kan klo kita jg ikutan muntah, yuk kita lihat kutipan dialog rekaan saya ini:

dokter: "ayo pak, minum obatnya yaa.."

bapak: "uuurrrgh, obatnya bikin eneg dok, kayaknya... saya mau... muntah"

dokter: "oohh, tahan pak" --> sambil ngasih plastik buat nampung tuh muntah

bapak: "BLEAAAAAAAARRRGGGGGHHH,.... hoeeeeekkk.. cih... HOEEEEKKKKK" (sang bapak muntah2 sambil mengeluarkan suara kayak kambing mau disembelih

dokter: "iiih, bapak... iih.. saya kan eneg.. saya jg mau..." (pegang perut sndiri)

dokter: "HOEEEEEEEEEEEKKKKK.... hoeeekkkks"*terinspirasi cado2 si perdiripa

akhirnya kamar pasien jadi tempat pesta muntah, g dokter g pasien g perawat g pnunggu pasien lempar2an muntah---> saya ngelus dada klo udah begini

*jangan minta saya buat dialog edan tentang feses

9. berkenalanlah dengan temen sejawat dr univ lain, atau dekat2lah (dan hormat) dgn dokter senior atau PPDS, klo ketemu mereka ya disapa (tp g usah sampe bersimpuh sampe mencium kakinya krn saking hormatnya, sapa tau kakinya panuan, ilfil deh kita)

9. jadilah dokter yang baik, jadilah dokter yg bermoral dan excellence (sesuai dgn jargon universitas kita), jadilah dokter yang keren dan g bau badan, jadilah dokter yang bersih lahir-batin dan pikiran...

*skali lg buat bang adit, gimana?? masih maukah kita menjadi team cheerleader di departemen obgyn nanti? *kabuuuurrr...

شخبط شخبيط

شخبط شخبيط
لخبط لخبيط
مسك الالوان ورسم على الحيط

اعمل ايه وياك يا حمادة
اللى عملته دة اسوا عادة

عايز ترسم ارسم لكن
من غير متشخبط على الحيط

شخبط شخبيط
لخبط لخبيط
مسك الالوان ورسم على الحيط

ارسم شجرة ونيل وبحور لكن ارسم على الصبورة
بكرة تكون فنان مشهور عايزين ناخد جمبك صورة

احلم تكبر تبقى بكاسو كان يوم طفل وكان من نفسه
لكن ولا شخبط على الحيط

شخبط شخبيط
لخبط لخبيط
مسك الالوان ورسم على الحيط

ارسم واحلم بالمستقبل واللى بيحلم بكرة ينول
كل اللى جاى فى عمرك اجمل كل هوايا اصول

امسك قلمك لونك ريشتك وارسم بيهم بس فى لوحتك
ترسم ليه بالون على الحيط

شخبط شخبيط
لخبط لخبيط
مسك الالوان ورسم على الحيط

انته تاني

انته تاني مش غيري خد مكاني مش بعتني و فسواني طب ليه دلوقت رجعتلي
ده اللي باقي واهو ده كمان اللي ناقص مش كان موضوع و خالص كان حد قاللك حنللي

بقى عندك خليك انا وقلبي حلفنا عليك لايمكن تاني نرجع ليك يعني خلاص ماتلزمناش
كان حلم و ببنيه قضيت لي عليه وجيت توافيه ومستنيني اقوللك ايه يلا ياسيدي ماتدوشناش
لأ عندك خليك انا وقلبي حلفنا عليك لايمكن تاني نرجع ليك يعني خلاص ماتلزمناش
كان حلم و ببنيه قضيت لي عليه وجيت توافيه ومستنيني اقوللك ايه يلا ياسيدي ماتدوشناش

ايه اللي جابك و بتشكي لمين عذابك انا مش فاضية لجنابك ده كتير في هواك عذبتني خذ نصيبك جرحك على ايد حبيبك انا مظطرة اني اسيبك زي زمان ما
سبتني

بقى عندك خليك انا وقلبي حلفنا عليك لايمكن تاني نرجع ليك يعني خلاص ماتلزمناش
كان حلم و ببنيه قضيت لي عليه وجيت توافيه ومستنيني اقوللك ايه يلا

MEDIKA-ACHILLES 2010

G terasa banget ospek Achilles udah selesai (saatnya maba tidur dengan pulasnya), jujur aja deh, saya nggak nyangka bisa ikutan ospek, jadi panitia lagi..
Sebenernya, waktu screening ospek Achilles, divisi medika adalah pilihan keduaku, pilihan pertamaku itu ya divisi adrenalin, tapi ya karena g diterima ya mau gimana lagi coba?? yasudahlah, toh ntar ospek buat maba 2011 juga saya ngurus, itu artinya saya puya peluang besar untuk masuk ke divisi yang saya inginkan MySpace..

Tapii........

Medika, saya bersyukur bisa masuk divisi ini!! MySpace
walaupun awalnya saya merasa biasa saja ketika tau saya diterima di divisi ini, dan ada sedikit keinginan g aktif (males meneruskan di divisi ini), tapi seelah dipikir2 lagi, saya benci nganggur, saya paling g bisa diem sendirian dirumah tanpa melakukan sesuatu apapun, dengan perasaan biasa juga ya saya ikutin aja deh trainingnya, dan akhirnya dapet handband putih mulia (ooowwh, lebay sekali pake "mulia" segala) MySpace

Ospek Achilles dimulai...
Setelah PPMKB dan ospek dekanat, kami, sebaai panitia Achilles membuat pagar betis dari daerah sekitar departemen anatomi-histologi hingga grabik, kita disuruh pasang muka datar mungkin seperti emoticon ini ya --> (-____-), tanpa senyum, dan hanya mengangguk jika ada maba yang bilang "selamat sore kak!", tapi saya g kuat nahan tawa ngeliat temen deket saya (maba) "bilang selamat sore kak!" kesaya (saya ngempet nahan tawa), padahal diluar kampus dia memanggil nama saya secara langsung..

Kemudian daripada itu (-.-)" *apaan sih, formal banget zzz..
Seluruh divisi Achilles memperkenalkan dirinya didepan grabik, mulai dari medika, muskulus, orbita, adrenalin, makrofag, dll yang saya sendiri lupa ada apa aja divisinya..
Setelah memperkenalkan dirinya masing2 panitia, kami membuat pagar betis lagi dan saya juga meneriaki maba "6S-NYA MANA DEK?!!" atau "AESCULAAAAAAAAAAAAAAP!!", saya jadi tertawa sendiri mengingat waktu saya teriak2 bersama kak mia (kakak kelas saya dikampus), dan hampir ngakak ngeliat maba yang belum diteriaki sudah teriak duluan "DUA RIBU SEPULUH!!!"... MySpace

Evaluasi pagi dilakukan oleh adrenalin, disinilah kami sebagai medika mulai bertugas, banyak maba yang belum mengerjakan tugas, dengan teriakan dan amukan bak singa sedang mengaum happy, adrenalin berhasil membuat maba 2010 menjadi ciut, udah ada yang mual2, udah ada yang sesek, udah ada yang keringetan (secaa tempatnya panas), dengan memasang wajah seperti malaikat (cih!!) kami memegang maba yang sakit MySpace dan meletakkannya (emang maba itu benda ya? kok pake diletakkan?) dan memberikan obat yang sesuai..

Begitu terus selama 5 hari... Oh iya, jg ada evaluasi sore yang dilakukan adrenalin, kebayangkan si maba yang paginya saki dan siangnya udah baikan kembali sakit lagi dan harus masuk basecamp medika untuk mendapatkan perawatan lagi...

Hari terakhir ospek, ya hari rabu tanggal 1 september itu, malemnya ada renungan, saya udah yakin dari awal pasti ntar ada maba yang bakalan sakit, yaaap!! dugaanku bener, ada 1 maba yang pingsan, ada yang sakit karena histeris mendengar santapan kata2 indah dan menohok dari mas lindung (keren banget tau g seh?!!).. nangis sampe batuk2, nangis2 sampe merosot dari tempat duduk, nangis sambil peluk2an sama temen sebelah; atas, bawah, kiri-kanan (lha kok bisa -.-" )...
Setelah acara nangis2 bombay itu, panitia memperlihatkan karya agung (hadeeeh, emang bagus sih) dari orbita, yaitu rekaman gambar2 ospek Achilles, banyak dari maba yang tertawa (padahal 5 menit sebelumnya mereka nangis2 histeris loh), ada yang teriak "HUUUUUUUUUUU" saat proyektor menampilkan gambar bendera Amatasid dibakar sama adrenalin, kemudian lampu dinyalakan.. panitia keluar semua dan tibalah saatnya Prof. Kun dan dokter imam memberikan wejangan yang saya sendiri g tau apa itu karena udah kburu keluar menuju gazteng tapi g jadi, karena pengen ke selasar departemen biokimia, menemui maba2 yang sakit dan bang adit, tapi ujug2nya ke gazteng dan kedeketnya berhala untuk buat pagar betis. disinilah kita bermaaf2an kpd maba (padahal belum lebaran), tangan saya kaku sekali, karena salaman lebih dari 200kali MySpace...

Begitulah cerita ospek yang bisa saya tuis, sebenernya masih banyak lagi yang ingin diceritakan, tapi tangan buat ngetik udah menjerit2 "Shaleh!! ayo mandi!!!, udah jam berapa ini??!" MySpace

Medika, secara g langsung kamu membuat hubunganku dengan beberapa senior semakin dekat, dari yang g kenal menjadi kenal ssama panitia medika, dari yang kenal alah semakin deket, kamu juga udah ngebuat hubunganku deket jg sama maba 2010, walaupun disana saya cuma bisa mengecek tekanan darah, mengecek denyut nadi, memberikan oksigen, memberikan minyak kayuputih, memberikan asam-mefenamat, memberikan antalgin, memberikan roti sari-roti, memberikan teh hangat, memberikan air, memberikan parasetamol, memberikan satunya2 mylanta yang pertama kalinya aku beli dengan uang sendiri dan tutup botol betadine-kumur untuk dipakai sebagi gelas minum mylanta 30cc, padahal tutup botol itu harusnya dipakai untuk perawatan mulut-gigi behel saya yang katanya dokter gigi saya akan dipasang minggu2 ini, tapi g papa, kesehatan maba adalah yang terpenting saya utamakan bagi saya, itulah yang saya katakan kepada abang saya Aditya Pradana di sms kmaren2...
Karena saya ingat sumah dokter:
Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan.
Terimakasih MEDIKA-ACHILLES 2010.. AESCULAP 2009!!!


ps: selama menjadi kepanitiaan ini saya berasa jadi pelawak, banyak yang dibuat tertawa karena saya MySpace

32 Rahasia Israel

Tahukah anda bahwa mayor...itas buku sejarah di dunia mengatakan Negara-negara arab yang menyerang Israel terlebih dahulu pada perang tahun 1967? Padahal faktanya, justru Israel yang menyerang Negara-negara arab terlebih dahulu kemudian mereka merebut kota Al Quds dan Tepi Barat? Tetapi mereka mengatakan bahwa serangannya itu adalah serangan untuk menjaga diri dan antisipasi?

  1. Tahukah anda bahwa selain ras yahudi, dilarang membeli atau menyewa tanah di Israel?
  2. Tahukah anda bahwa setiap ras yahudi yang ada di setiap Negara di seluruh dunia menjadi warga Negara Israel secara otomatis? Sementara warga Palestina yang terlahir di tanah negerinya sendiri sejak puluhan abad yang lalu terus diusir ke luar Palestina?
  3. Tahukah anda bahwa penduduk Palestina yang menetap di kawasan Israel harus menggunakan kendaraan dengan cat dan warna khusus untuk membedakan antara ras yahudi dan non yahudi?
  4. Tahukah anda bahwa Yerusalem bagian timur, Tepi Barat, Gaza dan dataran tinggi Golan dianggap oleh masyarakat internasional khususnya barat dan Amerika sebagai kawasan yang dijajah Israel dan bukan merupakan bagian dari Israel?
  5. Tahukah anda bahwa Israel mengalokasikan 85% air bersih hanya untuk ras yahudi dan membagikan 15% sisanya untuk seluruh penduduk Palestina yang menetap di kawasan Israel? Secara realitas, Israel mengalokasikan 85% air bersih hanya untuk 400 penduduk yahudi di Hebron, sementara 15% sisanya alokasikan kepada 120 ribu penduduk Palestina di daerah itu?
  6. Tahukah anda bahwa Amerika mengalolasikan 5 milyad US$ dari penghasilan pajaknya setiap tahunnya untuk menyumbang Israel?
  7. Tahukah anda bahwa Amerika terus memberikan bantuan militer kepada Israel sebesar 1,8 milyard US$ setiap tahunnnya? Dan tahukah anda bahwa jumlah sebesar itu sama dengan sumbangan Amerika kepada seluruh Negara di benua benua Afrika?
  8. Tahukah anda bahwa Israel juga menunggu bantuan perang tambahan sebesar 4 milyard US$ dari Amerika yang terdiri dari pesawat tempur F 16, Apache dan Blackhawk? Dan karena Amerika merupakan Negara koalisi utama bagi Israel, maka ia wajib memberikan semua fasilitas yang diminta Israel untuk menjamin eksistensinya.
  9. Tahukah anda bahwa Israel juga menunggu bantuan perang tambahan sebesar 4 milyard US$ dari Amerika yang terdiri dari pesawat tempur F 16, Apache dan Blackhawk? Dan karena Amerika merupakan Negara koalisi utama bagi Israel, maka ia wajib memberikan semua fasilitas yang diminta Israel untuk menjamin eksistensinya.
  10. Tahukah anda bahwa Israel adalah satu-satunya Negara di Timur Tengah yang menolak menandatangani larangan pengembangan senjata nuklir? Dan menolak Tim Investigasi PBB untuk memeriksa tempat persembunyian nuklirnya?
  11. Tahukah anda bahwa sebelum berdirinya Israel pada tahun 1948, sudah memiliki pabrik pengembangan senjata nuklir?
  12. Tahukah anda bahwa Perwira Tinggi Israel di Departemen Perang mengakui secara terang-terangan bahwa militer Israel membunuh semua tahanan perang Palestina tanpa proses pengadilan?
  13. Tahukah anda bahwa Israel meledakan tempat kediaman Diplomat Amerika dan menyerang kapal perang Amerika Liberty di perairan internasional pada tahun 1967? Walaupun serangan itu menewaskan 33 tentara Amerika dan melukai 177 lainnya, tetapi Amerika sama sekali tidak melakukan tindakan apapun terhadap Israel? Hanya dengan alasan bahwa tentara Israel salah sasaran? Bayangkan kalau serangan itu dilakukan oleh Negara Islam?
  14. Tahukah anda bahwa Israel merupakan Negara yang paling banyak mengabaikan resolusi DK PBB? Jumlah resolusi yang diabaikan oleh Israel mencapai 69 buah. Bayangkan seandainya satu Negara Islam mengabaikan 1 resolusi PBB, apa yang akan dilakukan oleh Amerika?
  15. Tahukah anda bahwa pemerintah Israel menggunakan system politik konservasi terhadap identitas ras yahudi agar tetap menjadi warga Negara itu?
  16. Tahukah anda bahwa Mahkamah Agung Israel telah menetapkan Perdana Menteri Ariel Sharon sebagai tersangka dalam kasus pembantaian Shabra dan Syatilla pada 16 September 1982 di Lebanon yang menewaskan lebih dari 1000 orang Palestina terdiri dari anak-anak, wanita dan orang tua?
  17. Tahukah anda bahwa pada tanggal 20 Mei 1990, seorang tentara Israel menyuruh para buruh Palestina yang sedang menunggu bus di sebuah halte untuk duduk berbaris di atas tanah, setelah itu ia menembaki mereka dari jarah setengah meter? Tahu pulakah anda bahwa pemerintah Israel menyatakan tentara itu tidak bersalah dan bahkan mendapat penghargaan khusus dari pemerintah Israel?
  18. Tahukah anda bahwa sampai tahun 1988, semua pabrik dan kantor di Israel hanya boleh menempelkan keterangan lowongan kerja dengan perkataan: "lowongan kerja hanya untuk ras yahudi", "dicari seorang karyawan dengan syarat ras yahudi"?
  19. Tahukah anda bahwa Departmen Luar Negeri Israel membayar 6 peruhaan media Amerika untuk memunculkan image positif Israel kepada masyarakat Amerika dan Eropa?
  20. Tahukah anda bahwa Departmen Luar Negeri Israel membayar 6 peruhaan media Amerika untuk memunculkan image positif Israel kepada masyarakat Amerika dan Eropa?
  21. Tahukah anda bahwa Perdana Menteri Israel pertama David ben Gorion sepakat dengan langkah pengusiran secara paksa seluruh ras arab dari Israel?
  22. Tahukah anda bahwa Rahib besar di Israel Ofadya Yosef yang juga pendiri Partai Syas (partai terbesar ketiga di Israel) mendukung aksi militer Israel untuk menghabisi warga Palestina? bahkan ia mengeluarkan fatwa radikal pada hari raya paskah yang lalu dalam wawancaranya di sebuah jaringan radio terbesar di Israel: "Tuhan akan membalas semua kejahatan warga arab, Tuhan akan menghancurkan keturunannya, menghabisinya dan menghancurkan tanahnya dan Tuhan akan membalas mereka dengan siksaan yang pedih. Karenanya dilarang semua ras yahudi untuk memberikan rasa kasih saying kepada warga arab, dan wajib bagi setiap yahudi untuk menembakan rudal dan senjatanya ke arah dada dan kepala setiap warga arab untuk menghabisinya, karena mereka itu makhluq yang jahat dan terkutuk"……
  23. Tahukah anda bahwa pengungsi Palestina terbesar di dunia?
  24. Tahukah anda bahwa penduduk Kristen Palestina bersatu dengan penduduk Palestina muslim untuk melawan penjajah yahudi?
  25. Tahukah anda, walaupun Mahkamah Agung Israel sudah mengeluarkan keputusan pelarangan penyiksaan dalam proses pemeriksaan, tetapi Shinbet (Badan Intelejen Israel) tetap terus menyiksa setiap pejuang Palestina dalam proses pemeriksaannya?
  26. Tahukah anda bahwa walaupun Israel terus mengganggu proses belajar mengajar dan merusak seluruh sarana dan prasara pendidikan penduduk Palestina, tetapi penduduk Palestina tetap menjadi Negara terbesar di dunia yang penduduknya bergelar doctor (S3)? Hal ini apabila dilihat dari jumlah prosentase penduduknya.
  27. Tahukah anda bahwa setiap manusia mempunyai hak yang sama yang dijamin oleh undang-undang HAM internasional yang diterbitkan pada tanggal 10 Desember 1948? Tetapi tahukah anda bahwa undang-undang itu sama sekali tidak berlaku bagi penduduk Palestina? karena dihalangi dengan ditandatanganinya kesepatakan OSLO?
  28. Tahukah anda bahwa mayoritas buku sejarah di dunia mengatakan Negara-negara arab yang menyerang Israel terlebih dahulu pada perang tahun 1967? Padahal faktanya, justru Israel yang menyerang Negara-negara arab terlebih dahulu kemudian mereka merebut kota Al Quds dan Tepi Barat? Tetapi mereka mengatakan bahwa serangannya itu adalah serangan untuk menjaga diri dan antisipasi?
  29. Tahukah anda bahwa mayoritas buku sejarah di dunia mengatakan Negara-negara arab yang menyerang Israel terlebih dahulu pada perang tahun 1967? Padahal faktanya, justru Israel yang menyerang Negara-negara arab terlebih dahulu kemudian mereka merebut kota Al Quds dan Tepi Barat? Tetapi mereka mengatakan bahwa serangannya itu adalah serangan untuk menjaga diri dan antisipasi?
  30. Tahukah anda bahwa perintah Perdana Menteri Israel Ariel Sharon sudah tidak dituruti lagi oleh militer Israel? Salah satu contohnya adalah ketika ia melarang militer Israel untuk melakukan genjatan senjata dan dilarang menembak, tetapi militer Israel terus menyerang, menembaki rakyat sipil Palestina dan menghancurkan tempat tinggal mereka. Insiden paling memilukan andalah pembantaian tiga wanita Palestina, padahal mereka sedang berada dalam tenda pengungsiannya?
  31. Tahukah anda bahwa Israel terus melakukan berbagai usaha untuk menghancurkan Masjid Al Aqsha dan Qubah Shakhrah sejak 50 tahun yang lalu dengan menggali bawah tanah masjid tersebut agar runtuh dengan sendirinya?
  32. Tahukah anda bahwa Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela mengatakan bahwa Israel adalah Negara rasisme dan apartheid seperti kondisi Afrika Selatan sebelum ia pimpin?
source