kesan seminggu pertama semester 3

Alhamdulillah.. MySpace
Udah masuk semester 3, semester yang katanya mbak2 dan mas2 senior adalah semester paling nyantai?? KATANYA SAPA?? NGGAK BANGET TUH buat saya!! MySpace semester ini saya mendapatkan beberapa mata kuliah, ada 3 studi (klo g salah), yaitu; biokimia, fisiologi atau faal kedokteran, modul integrasi (yang katanya disebut PBL), dan PPGD, dikit kan?? emang sih dikit, tp sksnya itu lho.. masing2 banyak banget, biokimnya sulit banget, belum lagi untuk PPGD yang menyita waktuku, tapi... biarlah, inilah jalan yang memang udah kupilih.. biarin aja deh.. ikutin dan enjoy aja.. MySpace

Yup, saya mau nyritain sminggu pertama. Kuliah perdana dimulai (sebetulnya bukan kuliah sih, masih kontrak perkuliahan dan perkenalan) hari selasa tanggal 14 September 2010 kmaren, baru hari pertama sang dosen udah telan 21 menit MySpace, tp saya maklum, sang dosen udah tua, jadi bruntung dong kita kalo telat g bakal ketahuan.. hehehe, dosen fisiologi alias faal enak2 kok, mereka g nyeremin, g saklek2 (saya berani ngomong gini karena masih belum ketemu sama dosen yg fisiologi yang lain, hahaha, sisanya saya g tau)..

Kalo biokimia, parah abis dah, dosennya udah sepuh2, kuliahnya sulit banget (secara dulu saya benci kimia), kalo ngajar ada jg yang bikin ngantuk, kuliah ini campuran biologi-fisika-kimia, huuuu.. IPA banget deh.. MySpace

Dan diminggu pertama semester 3 ini saya jadi tau knapa dunia kedokteran indonesia agak, yaahh.. "rusak", terlihat dari hasil ujian UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia), mereka bagus di teori tapi di praktek mereka "bobrok", terutama pada bagian sikap dan keprofesionalan, mereka masih beum bisa berempati kepada pasien mereka nantinya, kemudian sopan-santun terhadap pasien belum terlihat. Juga terlihat dari kebiasaan mereka sejak dari mahasiswa preklinik yang belum mengerti kesopanan dalam berinteraksi dengan yang senior atau pasien praktek mereka. Saya bilang begini bukan karena saya gak kayak begitu, jujur aja saya masih belum bisa diilang lulus, saya masih belum profesional dan sikap saya masih belum layak seperti dokter.

I just wish, mudah2an kedokteran Indonesia tidak kalah dengan negara2 maju lainya.. MySpace

No comments: