Mendapatkan VISA Mesir

I am sorry to my readers, now I am using Bahasa ^^v

Maafbaru nge-post tentang perjalananku ke Mesir, alasan klasik pemirsa -> SIBUK <- nbsp="nbsp">


Abi bantuin saya untuk packing
Yak, semua persyaratan sudah kelar, pembayaran uang sekolah udah lunas, bantuan biaya dari Universitas sebanyak 9.8 juta sudah ditangan, tiket udah book dan VISA lagi dalam proses (diprosesin sama Om sih) sekarang tingga packing!

Jujur ya paling benci deh sama yang namanya packing, mengingat ini bukan backpackeran makanya saya bawa koper gede, celana kain bawa 3 biji, kaos ada banyak, kaos kaki 3 pasang, peralatan mandi, handuk, jas, jas dokter 3, scrub (baju operasi), sepatu resmi dan sandal dan juga cemilan khas Indonesia untuk dibagi-bagikan ke teman-teman kampus di Ismailia nantinya. Oh ya, tips untuk traveler, jangan lupa untuk membeli CELANA DALAM disposable, sekali pake langsung buang, jadinya enak g perlu nambah2in cucian, rempong atuh. Tips berikutnya untuk menyusun pakaian adalah; jika ada baju atau kaos lebih baik digulung untuk menghemat ruangan dikoper, suer samber geledek, tips ini berguna banget deh. I have to say many thanks to Mbak Dina dan Mas Ryan dari DuaRansel. Yap, semua kemeja dan kaos sudah digulung (bahkan jas dokter dan baju operasi).

Finally, hari yang dinantikan akhirnya datang, kepergian saya yang hampir sebulan itu diantar oleh Ummi, Abi, Nenek dan Bibi saya ke Airport Juanda, Alhamdulillah di airport saya bertemu dengan teman dari Abi saya dan satu pesawat pula. Waktu itu saya naik pesawat Citilink-Garuda, di pesawat saya senangnya bukan main membayangkan rencana perjalanan dan kejutan-kejutan yang akan saya temui di Mesir nanti...

Citilink - Garuda

Tapi.....

Menginjak Jakarta, saya langsung meluncur ke kantor teman Abi saya untuk menginap satu hari dan rencananya besok berangkat langsung ke Cairo, tapi ketika sampai di kantor teman Abi saya saya mendapatkan berita buruk bahwa VISA saya belum keluar, WTH!?! Bukankah saya sudah menyerakan segala persyaratan dari Embassy Egypt? langsung saja saya meluncur ke 
Jalan Teuku Umar No. 68 Menteng, Jakarta Pusat 10350 - Embassy of Egypt
Untuk menanyakan kenapa VISA saya belum terbit?? Saya agak sebal dengan Kedutaan Mesir, tiap hari saya dikontak karena kekurangan persyaratan ini-itu, lha kenapa sih dari awal nggak diberitahu kalo syarat mutlaknya harus ada ini-itu? Saya minta penerbitan VISA saya dipercepat sampai saya mengontak teman saya di Mesir untuk menelpon secara langsung Kedutaan Mesir di Indonesia tapi tetap hasilnya nihil. Selama 4 hari saya mbambong di Jakarta, menumpang tidur di kantor teman Abi saya, kerjaan tiap hari nonton TV, makan, internetan... Waduh, sempat  putus-asa tuh.

Dengan bantuan orang dalam akhirnya saya berhasil menemui pegawai Kedutaan Mesir yang notabene orang Mesir asli, dia bertanya kepada saya kenapa begitu terlambat memenuhi persyaratan penerbitan VISA, saya menjawab bahwa saya sudah memenuhi persyaratan tapi prosesnya memang lama, harusnya satu minggu sudah selesai tapi peraturan baru menyatakan bahwa VISA baru bisa terbit setelah satu bulan penyerahan berkas-berkas persyaratan, dan saya baru tahu peraturan itu diberlakukan sudah sejak lama. (sejak tahun 2008) Tips lagi; sebelum mengurus VISA tanyakan pada bagian informasi tentang berapa lama visa akan diterbitkan setelah berkas-berkas sudah diajukan dan berkas-berkas mutlak apa saja yang harus disiapkan, dan adakah wawancara?? Untuk apply Egyptian VISA tidak ada wawancara.

Jadi... saya beritahukan nih, untuk mengurus VISA Mesir, anda harus:
  • Punya paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan
  • Bukti booking pesawat
  • Fotocopy rekening tabungan/koran 3 bulan terakhir
  • Fotocopy KTP
  • Foto 4x6 terbaru background merah/biru
  • Jika ada undangan dari bisnis atau Invitation Letter lebih baik disertakan
  • Mengisi formulir aplikasi VISA
  • Tunggu minimal 3 minggu (BUKAN 4 Hari Kerja)


Setlah skian lama menanti...
Jreng jreng jreng....
Akhirnya....

Yak, VISA sudah di tangan besok berangkat!!
Malamnya langsung konfirmasi ke teman kalo besok saya akan berangkat dengan Saudi Arabia Airlines dan akan sampai di Cairo jam 3 pagi tanggal 6 Juli 2012.

No comments: